Cyber Generations Rembang

Mengenal Apa Itu Email Marketing dan Strategi Menjalankannya untuk Bisnis

Ingin penjualan kamu meningkat? Ingin membangun koneksi dengan calon pelanggan? Yuk, terapkan email marketing mulai sekarang. Email marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang efektif untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan maupun calon pelanggan. Hal ini bisa membantu kita membangun brand awareness untuk bisnis kita, serta bisa meningkatkan penjualan ke depannya.

Selain itu, email marketing yang oke juga bikin pelanggan jadi semakin loyal membeli produk kita.

Kenapa Harus Email Marketing?

Menurut Radicati Group, lebih dari 2,5 miliar orang di dunia menggunakan email. Dengan penggunaan smartphone yang semakin berkembang dari hari ke hari, tentu jumlah ini akan terus bertambah. Jika menggunakan smartphone, otomatis orang membutuhkan email untuk terhubung dengan berbagai aplikasi di dalamnya. Karena itulah, dengan menggunakan email marketing berarti anda bisa langsung mendatangi lebih banyak calon pelanggan secara luas dan benar-benar tepat sasaran.

Email marketing terasa lebih personal, karena penawaran dan informasi dikirimkan langsung hanya untuk orang yang berlangganan. Selain itu, email marketing memberikan ruang bagi calon pelanggan untuk mengambil keputusan. Menurut WBR Digital, keberhasilan akuisisi konsumen baru dengan email marketing mencapai 81%. Persentase ini jauh lebih besar dibandingkan social media marketing yang hanya berada di angka 51% saja.

Strategi Menjalankan Email Marketing Untuk Bisnis

1. Mengenali Calon Pelanggan

Mengetahui persona calon pelanggan adalah hal yang penting untuk kamu lakukan. Cari tahu apa masalah-masalah yang mereka hadapi, seperti apa gaya hidup mereka, apa yang mereka butuhkan, apa yang mereka sukai dan tidak sukai. Dengan melakukan riset dan mengetahui hal-hal tersebut, kamu bisa mulai membuat konten email marketing yang cocok dengan calon pelangganmu.

Untuk mencari tahu tentang persona calon pelanggan ini kamu bisa melakukan langkah sederhana. Misalnya, dengan mengirimkan email berupa pertanyaan-pertanyaan singkat yang harus mereka jawab dengan cepat. Sebagai imbalannya mungkin kamu bisa menukarnya dengan ebook, kupon webinar, dan lain-lain.

2. Kelompokkan Email List-mu

Email List adalah orang-orang yang sudah berlangganan emailmu. Setelah melakukan riset tentang persona calon pelanggan, kamu bisa mengelompokkan mereka berasasarkan beberapa kategori. Kategori ini bisa berupa usia, minat, tempat tinggal, hobi, dan lain-lain. Mereka akan mendapatkan email khusus mengenai produk atau promosi terbaru, yang bisa kamu sesuaikan dengan profil mereka.

Personalisasi adalah hal yang paling penting dalam email marketing. Buatlah konten yang relevan dengan audiensmu. Gunakan bahasa yang santai dan mengalir, agar terkesan lebih akrab dengan mereka. Hindari mengirimkan email dengan bahasa yang kaku dan terkesan seperti dikirim massal untuk banyak orang.

3. Tentukan Jenis Email Seperti Apa yang Kamu Kirimkan

Ada banyak jenis email marketing yang bisa kamu jalankan untuk strategi pemasaran bisnismu:

1. Welcome Email : Berisi sambutan bagi orang yang baru berlangganan emailmu

2. Newsletter: Berisi update terbaru tentang produk, artikel yang baru terbit di blog, brand story, dan lain-lain.

3. Promotional Email: Berisi penawaran khusus seperti diskon atau promo yang ditujukan untuk orang-orang yang berlangganan emailmu.

Tentukan jenis email seperti apa yang akan kamu kirim dan kapan kamu akan mengirimnya. Akan lebih baik kalau kamu memberitahu pelangganmu email apa saja yang akan mereka dapatkan dan seberapa sering mereka akan menerimanya.

4. Evaluasi

Sebagai pemilik bisnis, kamu pasti memiliki target penjualan yang ingin kamu dapatkan dari email marketing. Setelah melakukan semua strategi di atas, ukurlah hasil dari email marketing yang sudah kamu jalankan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, misalnya dengan menentukan KPI yang jelas atau dengan metode A/B testing.

Dengan melakukan evaluasi, kamu jadi mengetahui apa saja yang perlu kamu tingkatkan untuk menjalankan strategi pemasaran ini lebih baik lagi. Itu dia email marketing dan bagaimana cara menjalankannya untuk memasarkan produk kamu. Apakah kamu tertarik untuk mencoba strategi pemasaran yang satu ini? Yuk langsung hubungi Cyber Generation Rembang untuk memesan email bisnis sekarang.