Cyber Generations Rembang

4 Langkah Memulai Digital Marketing untuk Mengembangkan Bisnis

Digital marketing merupakan sebuah kegiatan pemasaran atau promosi sebuah produk menggunakan media digital dan jaringan internet. Tujuan dari adanya digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen terhadap suatu produk. Seperti yang diketahui, penggunaan teknologi dan internet di masyarakat sekarang semakin luas sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh perusahaan-perusahaan.

Akibatnya, perusahaan saling berkompetisi membuat konten yang menarik dalam melakukan promosi untuk ditampilkan dalam pemasarannya di dunia digital dan internet. Beberapa contoh jenis pemasaran yang termasuk dalam digital marketing adalah SEO (Search Engine Optimization), periklanan online seperti Facebookb Ads, Google Ads, promosi media cetak, iklan televisi dan radio, billboard elektronik, email marketing, mobile marketing, dan lainnya.

Nah, berikutnya kami akan memberikan 4 langkah memulai digital marketing untuk mengembangkan bisnis.

1. Menentukan Media Marketing

Tanpa jaringan internet, digital marketing tidak dapat bekerja. Jaringan internet  merupakan media yang berfungsi untuk menyimpan data produk baik barang atau jasa yang kita miliki. Alangkah baiknya, kita harus memilih, minimal satu dari list berikut ini untuk memulai digital marketing.

  • Website
    Website berfungsi sebagai media untuk menampilkan berbagai informasi usaha, produk, dan kontak yang kita punyai.
  • Sosial Media
    Jenis sosial media untuk usaha dan produk yang kita miliki, bisa berupa fans page dan akun official. Kita bisa membuat mengikuti fans page dan akun official lewat Facebook, Instagram, Twitter, atau lainnya.
  • Aplikasi Mobile
    Aplikasi mobile device meruapakan salah satu media digital marketing yang mudah untuk mencari pelanggan baru, akan tetapi pembuatan aplikasi membutuhkan biaya yang lebih besar.
  • Akun Marketplace
    Marketplace merupakan hal yang penting, bagi pengusaha yang menjual produk berupa barang. Dengan mempunyai akun marketplace, kita  dapat memperoleh konsumen dengan lebih mudah.
  • E-Mail Marketing
    Kamu bisa memberitahu informasi terbaru mengenai promosi yang sedang berlangsung maupun produk dan jasa terbaru.
  • Online Advertising
    Online advertising merupakan media promosi melalui internet dengan berbayar. Lewat periklanan online, kamu bisa mendapatkan konsumen lebih cepat dan memuaskan namun, terbilang lebih mahal dibandingkan jenis yang sebelumnya.
  • Video Marketing
    Melalui  video marketing, kamu dapat langsung menjelaskan tentang bisnis kamu, menjelaskan produk dan cara menggunakannya serta menampilkan testimonial pelanggan.

2. Mempersiapkan Konten

Mempersiapkan konten yang isinya menarik perhatian dan shareable. Konten yang akan ditampilkan tak hanya berwujud artikel, namun bisa juga berupa foto ataupun video. Selain menyiapkan materi yang terkait dengan produk kita, siapkan pula materi lain yang tak terkait namun mampu membuat (calon) konsumen tertarik. Sehingga ketika sudah tertarik, sedikit demi sedikit kita menggiring ke arah produk.

3. Menentukan Tujuan Output

Dari kampanye digital marketing yang akan dieksekusi, penting untuk menentukan tujuan output. Apakah untuk closing sales, mengenalkan brand, menambah pengunjung website, mendapatkan leads baru, mendapatkan email/kontak, meningkatkan social engagements, meningkatkan social activities (followers, likes, comments), mendapatkan subscribers, mendapatkan pengguna aplikasi baru, dan sebagainya. Sebelum melakukan promosi, tujuan output dari digital marketing sudah harus didefinisikan dengan jelas dan terperinci. Jangan sampai melakukan inkonsistensi karena akan menambah biaya, tenaga dan waktu yang diperlukan.

4. Bergabung Dengan Public MarketPlace

Bergabung dengan komunitas marketplace, selain bisa melakukan promosi, kamu juga menambah rekan bisnis dan jaringan bisnis. Di dalam forum marketplace tersebut, usahakan kamu memiliki penampilan yang baik dan bagus. Baik itu  dalam menampilkan citra logo/brand usaha, maupun dalam diskusi forum. Dengan cara itu,  citra brand juga akan turut membaik seiring dengan tingkah lakumu.