Cyber Generations Rembang

4 Tips Membangun Website untuk Bisnis

Tips Membangun Website untuk Bisnis bagi Pemula

Website merupakan pilihan tepat untuk mengembangkan bisnis kamu. Melalui website, kamu bisa membangun brand produk atau layanan yang kamu tawarkan dengan baik lewat jangkauan calon pelanggan yang sangat luas. Selain itu, manfaat website dan penggunaan website untuk kepentingan marketing suatu produk bisa dikatakan lebih efektif, baik dari segi dana maupun jangkauan promosi, dimana promosi menggunakan website tergolong luas.

Dengan membaca dan memahami artikel ini, kamu akan mengetahui bahwa belajar membuat website itu ternyata gampang dan mudah dipahami. Penasaran? Mari kita mulai.

1. Rancang Template dan Desain

Saat pembuatan website, kamu harus memikirkan rancangan template dan desain yang menarik dan unik. Mengapa demikian? Sebab, desain website yang menarik akan membuat pelanggan betah berlama-lama di website-mu. Selain itu, pastikan juga website-mu mudah diakses oleh handphone atau mobile-friendly karena hal ini menjadi salah satu faktor website dapat ranking yang bagus di Google. Di sisi lain, masyarakat sekarang lebih banyak menggunakan mesin penelusur lewat penggunaan handphone dibandingkan perangkat yang lain.

2. Rancang Yang mudah ditemukan atau di lacak

Pemakaian gambar juga fitur dengan mobile device belum cukup dalam pengoptimalan desain di situs anda. Teknik-teknik SEO juga harus kamu praktikkan dengan baik. Ada beberapa teknik yang mungkin bisa kamu praktikkan, seperti meriset keyword, memakai keyword sesuai target pasar, hingga menggunakan Google My Business. Di sisi lain, pastikan website kamu juga terdaftar oleh Google Analytics, ya. Lewat Google Anaytics, kamu jadi lebih mudah untuk melakukan monitoring terhadap kinerja website.

3. Pilih Platform Untuk Website

Platform atau lebih tepatnya disebut CMS (Content Management System) merupakan ruang ‘penyimpanan’ untuk data-data dan informasi tentang website kamu. Dengan adanya CMS, kamu dapat membuat dan mengubah konten website kamu tanpa harus mengerti bahasa pemrograman.

Buang jauh-jauh pemikiran programming atau coding yang susah dan rumit untuk membuat website. Dengan CMS, pembuatan website akan jauh lebih mudah tanpa mengharuskan kamu untuk mengerti bahasa pemrograman apapun.

Nah, salah satu CMS terbaik untuk membuat website adalah WordPress. Sebagai sebuah program yang bersifat open-source, WordPress merupakan CMS terbaik untuk pemula dengan berbagai plugin dan fitur yang memudahkanmu, bahkan untuk buat website gratis.

Saat ini, WordPress memiliki  pasar terbesar di antara CMS lainnya seperti Joomla, Shopify, Squarespace, atau Wix.

Kelebihan WordPress untuk membangun website:

  • Mudah diinstal
  • Dukungan dari komunitas yang sangat besar
  • Bersifat open source, sehingga banyak plugin pendukung
  • Ideal untuk individu tanpa latar belakang IT

Setelah paham membuat website dengan menggunakan WordPress,  kamu harus tahu bagaimana memfokuskan website pada bisnis , disini kamu bisa menentukan halaman yang akan digunakan dan ditampilkan. Kamu bisa membuat situs e-commerce dengan mempersiapkan produk serta belajar cara memperoleh user sebanyak-banyaknya.

4. Menentukan Hosting dan Nama Domain

Singkatnya, hosting adalah ‘rumah’ untuk website kamu, sedangkan domain adalah ‘alamat’ rumah tersebut. Untuk memilih layanan hosting dengan kualitas yang baik untuk website kamu, harus mengetahui tiga kualitas berikut:

  • Keamanan yang tinggi
  • Loading time yang cepat
  • Garansi uptime atau ketersediaan server
  • Tersedia dukungan pelanggan 24/7

Setelah melakukan registrasi hosting, kamu harus menentukan nama domain yang tepat untuk website-mu. Untuk memilih nama domain yang tepat, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu perhatikan:

  • Mudah diketik dan diingat
  • Sebisa mungkin nama domain sesuai dengan bidang industri yang kamu jalani
  • Sesuaikan dengan jenis dan tujuan website

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.