Cyber Generations Rembang

5 Tips Jitu untuk Membuat Email Marketing yang Efektif

Tips Jitu untuk Membuat Email Marketing yang Efektif

Semua orang pasti memiliki email. Karena itu, email marketing adalah salah satu strategi pemasaran paling efektif. Nah, Gimana sih cara menggunakan email marketing untuk meningkatkan penjualan?

Manfaat Email marketing sangat berguna untuk membangun relasi dengan calon pelanggan anda. Menurut Hubspot, 35% marketer memilih untuk mengirimkan 3-5 email per minggu kepada calon pelanggan untuk tujuan pemasaran.

Email marketing memegang peranan yang penting penggunaan smartphone yang semakin berkembang membuat orang-orang berinteraksi dengan email nyaris setiap hari.

Strategi pemasaran yang satu ini juga bisa membuat calon pelanggan merasa lebih dekat dengan brand-mu karena tidak semua orang akan mendapatkan email, hanya orang-orang yang berlangganan saja yang bisa mendapatkannya.

Karena itu, kamu harus memahami gimana caranya membuat email marketing yang efektif.

5 Tips Email Marketing yang Efektif 

1. Kenali Tools Email Marketing

Ada banyak sekali tools yang bisa membantu bisnismu untuk mulai membuat dan mengelola email marketing. Kamu bisa mulai mengenalinya satu per satu.

Beberapa tools yang bisa kamu gunakan untuk email marketing diantaranya: Kirim. Email, MailChimp, Constant Contact, Hubspot, dan lain-lain.

 2. Membangun Email List

Membangun email list adalah tahapan yang sangat penting dalam email marketing. Untuk melakukannya, kamu harus bisa menarik orang-orang dengan penawaran yang menarik.

Penawaran ini bentuknya bisa bermacam-macam. Yang cukup umum digunakan adalah menawarkan ebook, webinar, free trial produk, dan kupon.

Yang terpenting adalah, penawaran tersebut mudah diakses, bisa dipraktikkan, relevan, dan instan.

 3. Personalisasi Email Marketing

Jika kita memposisikan diri sebagai subscriber, tentunya kita ingin menerima email yang terkesan hanya ditujukan untuk kita, kan?

Kita akan cenderung menghapus dan tidak ingin membaca email yang sepertinya dikirim secara massal dan bertujuan untuk melakukan direct-selling.

Karena itulah, personalisasi email marketing penting untuk dilakukan. Sebagai pemilik bisnis, kamu harus mengetahui siapa saja yang menjadi calon pelangganmu.

Kamu bisa mulai riset tentang masalah-masalah apa saja yang mereka hadapi, apa keinginan mereka, bagaimana gaya hidup mereka, dan apa yang mereka sukai maupun tidak mereka sukai.

Untuk mengetahui bagaimana calon pelangganmu, kamu bisa mengirim email singkat yang berisi pertanyaan sederhana untuk mereka jawab.

Setelah mengetahui seperti apa calon pelanggan yang akan kamu kirimi email, kamu bisa menulis email dengan menyesuaikan karakter mereka agar terkesan lebih personal.

4. Gunakan Subject Line yang menarik

Subject pada email sangat menentukan apakah subscriber mau membuka email darimu atau tidak, karena itu Subject Line yang menarik sangat penting dalam email marketing.

Buatlah email dengan subjek yang singkat, to the point, dan menarik. Gunakan kata-kata yang membuat subscriber penasaran dan ingin membuka email darimu.

Kamu juga bisa memasukkan candaan ringan dan gaya bahasa yang mengalir agar terkesan lebih akrab dengan subscriber.

5. Mobile-friendly

Menurut BlueHornet, 67.2% konsumen menggunakan smartphone untuk mengakses email. Ini berarti kamu perlu menyesuaikan email marketing-mu agar ramah pengguna smartphone.

Gunakan paragraf-paragraf yang singkat agar mata tidak lelah saat membaca emailmu.

Format yang simpel dan font yang besar juga bisa kamu gunakan untuk membuat email-mu lebih nyaman dibaca oleh calon pelanggan.

Selain itu, orang biasanya akan lebih tertarik jika membaca sesuatu yang disertai dengan visual menarik.

Pilih foto yang menggambarkan topik yang sedang kamu bicarakan dalam emailmu. Pastikan gambar atau foto yang kamu gunakan punya kualitas yang bagus, namun ukurannya juga tidak terlalu besar.

Jangan lupa sertakan CTA button supaya email marketing-mu makin efektif!

Itu dia tips-tips jitu untuk mulai membuat email marketing. Apakah kamu sudah menerapkan salah satunya? 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.