Cyber Generations Rembang

7 Jenis Email Marketing yang Bisa Digunakan untuk Mengembangkan Bisnis

Jenis Email Marketing yang Bisa Digunakan untuk Mengembangkan Bisnis

Email marketing merupakan salah satu teknik pemasaran yang paling efektif. Karena manfaat email marketing yang luar biasa, wajib buat kamu mempelajari jenis email marketing supaya dapat menjalin hubungan erat dengan calon konsumen!

Email marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang paling sering dipakai oleh para marketer. Menurut Hubspot, 35% marketer memilih untuk mengirimkan 3-5 email per minggu kepada audiens untuk memasarkan produk mereka. Namun, tidak mudah untuk bikin calon konsumen tertarik baca email dari kamu. Terkadang kita cenderung tak ingin membaca atau menghapus email yang berisi penawaran produk jika isinya tak menarik, kan?

Karena itu, kamu perlu tahu teknik dan jenis email marketing seperti apa yang bisa kamu gunakan untuk membangun koneksi dengan calon pelanggan dan mengarahkan mereka untuk jadi pelanggan setia di bisnis kita! Lalu, apa aja sih jenis email marketing yang bisa kita gunakan? Yuk, kita bahas satu per satu.

7 Jenis Email Marketing Untuk Kembangkan Bisnis

1. Welcome Email

Welcome Email adalah email yang kamu kirimkan pada customer yang baru saja berlangganan emailmu. Jenis email marketing yang satu ini akan banyak dibuka dan di-klik jika didalamnya kamu memberikan konten yang bersifat menyentuh secara personal untuk calon konsumenmu.

Kamu bisa mengenalkan bisnismu tanpa melakukan direct-selling secara buru-buru. Berikan kesan pertama yang baik kepada mereka untuk membangun hubungan baik kedepannya.

2. Newsletter

Banyak bisnis dan organisasi mengirimkan email newsletter sebagai langkah awal mengenalkan bisnis mereka pada calon customer. Jenis email marketing ini dipilih karena Newsletter memungkinkan kita untuk mengenalkan produk dan membangun brand awareness. Newsletter sangat tepat digunakan jika kamu menggunakan content marketing dengan media blog untuk perusahaan atau bisnismu.

Nantinya artikel-artikel yang menarik akan dikirimkan ke email agar customermu membacanya. Jangan lupa untuk menggunakan Call to Action (CTA) yang menarik dan pastikan isi emailmu tidak terlalu panjang agar tetap mobile-friendly, ya!

3. Promotional Email

Jenis email marketing yang satu ini wajib kamu aplikasikan untuk mengajak calon konsumen membeli produkmu. Kamu bisa mengirimkan email berisi diskon atau promo besar-besaran kepada mereka yang berlangganan emailmu. Dengan cara ini, mereka akan merasa lebih spesial dan bisa tetap berlangganan untuk menunggu informasi promo dan diskon selanjutnya.

4. Transactional Email

Transactional email adalah pesan yang kamu kirimkan setelah subscriber-mu melakukan suatu tindakan.

Misalnya, mereka mengikuti webinar yang diselenggarakan atau didukung oleh bisnismu, maka kamu bisa mengirimkan email dimana mereka harus mengkonfirmasi registrasi mereka untuk mendapatkan link akses.

Contoh lain dari transactional email adalah email yang kamu dapatkan setelah berbelanja di website eCommerce. Email ini biasanya berisi detail order dan pengiriman dari transaksi yang baru kamu lakukan.

5. Re-engagement

Apakah ada pelangganmu yang pernah berbelanja, namun tidak lagi melakukan repeat order?

Atau ada subscriber yang berlangganan tapi tidak tertarik pada email yang kamu kirimkan?

Mengirimkan re-engagement email adalah kesempatan yang bagus untuk kembali menarik perhatian mereka.

Salah satu contoh re-engagement email yang bisa kamu kirimkan adalah yang meminta mereka untuk memberikan feedback. Dengan cara ini, mereka akan kembali mengingat bisnismu, dan kamu juga mendapatkan feedback untuk mengembangkan bisnis lebih baik lagi.

6. Announcement Email

Jenis email marketing yang satu ini membuat subscriber emailmu tetap update soal perkembangan brand yang kamu punya.

Announcement email berisi pengumuman tentang hal baru yang kamu buat, bisa berupa produk baru, layanan baru, atau varian baru dari produk yang sudah ada sebelumnya.

Announcement email berfungsi untuk menarik perhatian audiens agar mereka tetap mengikuti brand-mu. Jika mengirimkan announcement email, jangan lupa gunakan visual yang menarik, ya!

7. Review

Review merupakan hal yang penting dalam membangun kredibilitas bisnismu. Karena itu, mintalah review kepada customer yang sudah pernah berbelanja kepadamu untuk membuat brand-mu semakin berkembang.

Dengan mengirimkan email berisi review request pada customer, usahakan untuk tidak menggunakan unsur paksaan dan selalu minta customer untuk memberikan review yang jujur tentang produk atau jasamu.

Kamu bisa mulai mengirimkan jenis email marketing ini pada customer yang loyal dengan brand-mu.

Review bisa berfungsi untuk meningkatkan kepercayaan customer dan calon customer lain, serta membangun hubungan baik dimana kamu melibatkan customer dalam membangun brand-mu.

Nah, itu dia 7 jenis email marketing yang bisa kamu terapkan. Email marketing sangat penting untuk memasarkan produk melalui media digital.

Karena itu, yuk mulai terapkan strategi ini mulai sekarang untuk membangun bisnismu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.